Menjaga Stamina Kesehatan Saat Perjalanan

Menjaga Stamina Kesehatan Saat Perjalanan


Berada di dalam pesawat, kereta, bus ataupun mobil dalam waktu panjang Saat perjalanan, lebih dari 5 jam, Dapat Membuat Tubuh Anda Terasa Lelah, bahkan risiko jadi 'tidak waras' bisa Anda alami.

Namun, apa daya perjalanan panjang terkadang tidak bisa dielakkan contohnya ketika mudik atau bepergian ke daerah yang jauh. Tetapi untungnya ada beberapa cara dan hal yang dapat dipersiapkan untuk mengantisipasi perjalanan panjang agar dapat sampai ketujuan sehat bugar jiwa dan raga. Berikut tipsnya :

Istirahat cukup sebelum perjalanan.
Banyak yang mungkin berpikir "Ah, nanti di bus / mobil / kereta / pesawat bisa tidur kok" lalu memutuskan malam sebelum keberangkatan bergadang atau tidak memenuhi waktu minimum tidur yang dianjurkan yakni 8 jam. Dulu saya juga punya konsep begitu, dan memang benar ketika di jalan bisa tidur, itu karena kondisi tubuh telah kelelahan karena asupan istirahat kurang. Ujung ujungnya makin saya tidur, badan terasa makin encok dan tidak fit. Syukur syukur tidak sampai jatuh sakit. Oleh karena itu, usahakan tetap tidur cukup dan menjaga kondisi badan sebelum perjalanan.

Bawa bekal
Saya tipe orang yang membawa bekal kemana mana karena prinsip saya lebih sehat dan hemat. Ribet sedikit tidak apa karena nantinya ketika perut minta diisi saya tidak harus kerepotan mencari tempat makan. Biasanya dalam perjalanan, kita tidak memiliki banyak pilihan makanan yang tersedia, palingan ujungnya makan fast food. Jika tidak sempat memasak atau membeli, disarankan membawa buah buahan atau makanan ringan.

Minum banyak air putih.
Dalam perjalanan, resiko dehidrasi sangatlah rentan. Mungkin saja kita tak merasa tubuh kekurangan cairan namun nyatanya, tubuh perlu asupan air secara teratur untuk tetap segar. Kalau saya biasanya hanya malas minum air takut sering sering pipis dan yang ada cuma toilet umum yang tidak bersih. Untuk mengantisipasinya, saya minum banyak banyak sebelum jalan dan bolak balik toilet sebelum itu. Ngefek gak yah? hihih Jangan lupa bawa juga botol air minum dan air minum sendiri agar tidak perlu membeli di jalan. Lumayan buat penghematan juga!

Membawa alat hiburan.
Kalau gadget, saya percaya anda tidak akan meninggalkannya, karena alat elektronik ini sudah menjadi kebutuhan primer bukan lagi sekedar alat hiburan atau komunikasi. Tetapi ada baiknya juga membawa alat hiburan yang tidak tergantung dengan listrik seperti buku bacaan, mainan anak yang dapat dimainkan bersama, buku catatan agar dapat menulis atau music player biar bisa bersenandung ria. Jangan lupa selama perjalanan jika bersama teman/keluarga/pacar, jangan sampai malah lebih sibuk dengan diri sendiri dan melupakan quality time dengan mereka. Jadikan waktu ini sebagai saat yang tepat untuk berbincang dan berdiskusi. Alat hiburan ini pun berfungsi agar kita tetap merasa good mood sehingga dapat menikmati perjalanan dan sampai dengan ceria.

Obat obatan seperlunya.
Jika sudah tahu kemungkinan anda mabok perjalanan, bawalah Antimo atau obat sejenisnya. Boleh juga membawa minyak kayu putih atau balsem yang berfungsi untuk obat segala macam untuk di perjalanan. Jika anda penderita penyakit tertentu, bawalah juga obat obatan sebagai antisipasi jika penyakit kambuh. Selama di perjalanan, usahakan menjaga makanan dan istirahat agar penyakit tidak kambuh.

Refreshment kit
Walau telah menempuh perjalanan panjang dan muka telah kusut serta pakaian bau knalpot, anda bisa mengantisipasinya dengan menyegarkan diri kembali. Bisa dengan mencuci muka, lalu jika punya tisu basuh dengan air dan lap bagian bagian tubuh yang kemungkinan paling banyak berkeringat seperti ketiak. Jika membawa tisu basah lebih baik lagi. Setelah itu anda bisa memakai deodorant atau menyemprotkan sedikit parfum agar orang orang tidak tahu bahwa anda belum mandi :)

0 Response to "Menjaga Stamina Kesehatan Saat Perjalanan"

Posting Komentar